Wednesday, January 7, 2009

Mambuat film ala pelajar SMA

uk bikin film yuk!!! Nah ini dia artikel mini Membuat Film ala Pelajar SMA :gg: , ok deh to the point ajah. Saya bagi dua bagian penting yaitu Sumber Daya Manusia dan Peralatan.

.

Sumber Daya Manusia

Dalam persiapan awal pembuatan suatu film yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuat dan membagi tim.

Sutradara

Tugasnya mengatur pembuatan film gak cuma mengatur artis dan jalan cerita saja tapi juga mengatur kameraman, tata rias dan lainya agar film memiliki kualitas yang top markotop. Carilah sutradara yang pandai berbicara dan karismatik(atau berjiwa pemimpin) karena dalam pembuatan film sutradaralah sebagai pemimpinya namun ingat sutradara harus memiliki jiwa perfilman :no1:

-

Artis dan Aktor

Artis dan aktor biasanya dipilih oleh sutradara dengan pertimbangan jago akting dan wajahnya sesuai dengan tokoh dalam cerita.

-

Ide Cerita / Penulis naskah

Yang membuat cerita dan naskah dibutuhkan kreatifitas yang orisinil dan pikiran yang terbuka. Dewasa ini cerita humor yang paling digemari maklum aja banyak orang yang stress :) jadi manfaatkanlah kesempatan ini.

-

Kameraman

Ya sudah tentu kameraman adalah orang yang mampu menggunakan kamera. Bagi Anda yang terpilih menjadi kameraman namun belum memiliki pengalaman syuting untuk film cobalah simak beberapa film dan gunakan jurus ATM(Amati, Tiru dan Modifikasi) untuk mempelajari cara pengambilan gambar yang bagus.

-

Tata Rias

Apalagi yang ini pasti sudah pada tahu tugasnya. Yang terpenting bagi seorang tata rias selalulah berkoordinasi dengan kameraman cobalah cek artis yang sudah ditata rias apakah sudah nampak menarik di kamera, caranya mudah saja sorotlah yang sudah didadanin dan lihat tuh wajahnya kayak kamera gak?!? maksudnya camera face hehehe…

-

Video Editting

Tugas seorang Video Editor adalah mengedit video hasil rekaman. Dalam proses editing pengaturan tata suara seperti musik, SFx(Sound Effect) dan BGM(BackGround Music) dilakukan. Biasanya seeh dalam kasus pembuatan film ala pelajar SMA tugas penata suara menjadi satu dengan Video Editting agar nggak repots. Bagi Video Editor gunakanlah perangkat lunak Ulead VideoStudio sepengalaman saya perangkat ini mudah digunakan dan kaya akan fasilitas.

-

Pencahayaan

Khusus pencahayaan saya gunakan untuk malam hari agar gambar yang dihasilkan tidak gelap. Saya pribadi tidak menggunakan alat pencahayaan yang canggih cukup menggunakan lampu yang besar dan terang seperti emergency lamp minimal dua biji untuk menerangi dari arah kanan dan kiri tempat syuting.

Pembagian tim ini merupakan hasil pengalaman saya dan sifatnya tidak paten, silakan Anda kembangkan lagi mungkin ditambah penata suara, donatur, stuntman dkk :)

.

Peralatan

Untuk peralatan syuting seperti pakaian, alat tata rias dsb kayaknya gak usah saya jelaskin pasti Anda sudah paham silakan serahkan pada mereka yang mendapat bagianya :) . Pada bagian ini peralatan yang akan saya bahas adalah peralatan secara teknis yaitu Kamera. Biasanya kameralah yang menjadi masalah.

.

~ Saya Bertanya Saya Menjawab ~

  • Ada yang ingin membuat film tapi gak punya kamera, apa ya solusinya?Simpelnya pinjam saja atau sewa!!! Daripada gak bikin film ya toh?!?!?!?

.

  • Eit… ternyata kamera seperti Handycam gak ada, gimana tuh? Pake ajah kamera digital, sudah banyak kamera digital yang bisa merekam walau tak sebagus Camcorder(kamera perekam) sejenis Handycam.
sourced by: http://www.luphkimm.com/

.

Lebih Baik Saya Membuat Film Dengan Kamera Digital daripada Saya Tidak Membuat Film Sama Sekali

.

Kualitas gambar hanya prioritas kesekian, kualitas gambar bisa dipercantik pada saat proses editing ini menjadi tugas besar bagi video editor. Yang terpenting dalam sebuah film adalah CERITA. Contoh saja seperti film Ayat-Ayat Cinta mampu menggegap gempita rakyat Indonesia karena jalan ceritanya yang oh… menyentuh kalbu…

Mungkin ada profesional dan senior yang ingin mengoreksi atau menambahkan? :lv:

No comments:

Post a Comment

Siapa itu Prof. Reza

My photo
Selamat datang di blognya Raden Tumenggung Bagus Reza

Fansnya Reza

Arsip Blognya Reza